3 Hal Ini Menyebabkan Seorang Siswa Nekat Untuk Mencontek

Kegiatan contek mencontek antar siswa memang sering terjadi ketika sedang berlangsungnya sebuah ulangan atau ujian di dalam kelas sebuah sekolah. Biasanya para siswa yang mencontek ini akan meminta contekan kepada teman sebangkunya. Atau kepada teman yang berada di depan bangkunya. Atau kepada teman yang berada di belakang bangkunya. Atau juga kepada teman yang berada dibangku sebelahnya. Mencontek ini jika ketahuan sang guru tentunya akan sangat beresiko misalnya saja si siswa tidakdiperbolehkan mengikuti ulangan atau ujian. Meski beresiko tetapi tetap saja ada siswa yang masih suka mencontek. 3 hal ini menyebabkan seorang siswa nekat untuk mencontek diantaranya yaitu :

  1. Siswa Ini Tidak Bisa Mengerjakan Soalnya

Ketika seorang siswa tidak bisa mengerjakan soal soal dalam kertas ulangan dan ujiannya maka si siswa ini tentunya akan sangat kebingungan. Si siswa ini tentunya akan bingung bagaimana caranya agar dia bisa mengerjakan soal soal itu. Sehingga si siswa ini biasanya nekat mencontek untuk bisa mengerjakannya.

  1. Siswa Ini Ingin Mendapat Nilai Bagus

Seorang siswa tentunya ingin selalu mendapatkan nilai yang bagus, karena ketika si siswa ini mendapatkan nilai yang bagus bagus maka si siswa ini akan bisa dipastikan bisa naik kelas. Sehingga ketika seorang siswa tidak bisa mengerjakan soal ulangan dan ujian karena tidak belajar, maka si siswa ini akan mencontek karena ingin mendapatkan nilai yang bagus.

  1. Siswa Ini Tidak Ingin Terlihat Bodoh

Umumnya seorang siswa itu ingin menjadi siswa yang pintar sehingga bisa menjadi kebangaan untuk dirinya sendiri dan orangtuanya. Si siswa ini ingin pintar dan mendapatkan nilai yang bagus bagus sehingga bisa membuat orangtuanya bangga tetapi tidak mau belajar. Sehingga untuk terlihat tidak bodoh itu si siswa biasanya akan nekat untuk mencontek.

Itulah 3 hal yang menyebabkan seorang siswa nekat untuk mencontek. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *